IPW : Cegah Korupsi, Integritas Direksi Pelindo Harus Baik

Sabtu, 18 Maret 2017 | 11:42
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Indonesia  Port Watch (IPW), berharap pengangkatan Direksi baru Pelindo II,  menjadi momentum perubahan untuk mengatasi permasalahan korupsi  Pelindo II. Karena itu, menurut Ketua IPW  Syaiful Hasan, direksi baru harus benar-benar berintegritas.

Namun ia mempertanyakan, salah satu direksi pelindo II, berinisial RS. Menurutnya, RS, pernah tersangkut dalam kasus pemberangusan Serikat Pekerja PT Dok Perkapalan dan Kodja Bahari (DKB) Persero pada tahun 2012. Walau kasusnya sudah dinyatakan P-21 (lengkap) untuk diproses ke pengadilan namun tidak dilanjutkan tanpa keterangan jelas.

"Kalau ada yang tersangkut kasus dugaan korupsi, sulit untuk memberantas korupsi," ujar Syaiful, Jumat.

Selain itu ia juga menyoroti kasus dugaan korupsi dana relokasi galangan III DKB dari Jakarta ke Batam. Pelindo II membayar Rp 389 milyar untuk biaya relokasi galangan DKB.

Menurut Syaiful, ada dugaan mark up dalam proyek relokasi galangan III DKB. BPKP melakukan penilaian bahwa luas area relokasi galangan yang dinilai sebesar 25 hektar sementara serah terima hanya 12,5 hektar.

"Hasil review oleh BPKP ini sempat ditolak oleh Komisaris karena institusi negara tersebut bukan lembaga penilai. Negara berpotensi rugi ratusan milyar rupiah. KPK harus mengusut kasus tersebut. Sejumlah nama besar diduga terlibat kasus itu," pungkasnya. (dai)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%